5 Jenis Protein yang Bagus untuk Program Hamil

Asam amino yang terkandung pada protein, turut membantu pertumbuhan sel tubuh ibu dan janin. Dengan demikian, bagi sahabat waNita yang ingin menjalankan program hamil, asupan protein yang cukup juga sangat diperlukan. Berikut ini 5 rekomendasi makanan berprotein, yang bagus untuk dikonsumsi saat program kehamilan.

Program hamil
Rekomendasi protein untuk menu program hamil


sahabat waNita,


Menjaga asupan makanan dan minuman yang bergizi seimbang, memang diperuntukkan pada semua orang. Terlebih bagi sahabat waNita yang ingin menjalankan program hamil, agar janin yang mungkin saja datang secara tiba-tiba, sudah tercukupi nutrisinya, seperti yang sudah diulas dalam artikel Ingin Program Hamil, Cek Dulu 5 Poin Berikut Ini


Protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan saat program hamil. Selain berfungsi untuk membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak, protein juga berperan untuk mendorong produksi asam amino.


Asam amino yang terkandung pada protein ini nantinya juga turut mendukung pertumbuhan sel tubuh ibu dan janin. 


Protein juga berperan untuk meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Selain itu, protein juga dapat membantu jaringan rahim dan payudara untuk berkembang saat masa kehamilan nanti.


Protein terbagi menjadi 2 macam, yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani dapat berupa daging-dagingan maupun hewan laut. Sementara protein nabati didapat dari telur, tahu, tempe, susu, keju, yogurt, serta kacang-kacangan.


Setiap harinya dibutuhkan 60 – 65 gram asupan protein untuk orang dewasa, yang dapat sahabat waNita bagi untuk 3 porsi menu makan dalam sehari.

 


Rekomendasi Protein yang Bagus untuk Program Hamil


Berikut ini 5 macam protein yang dapat membantu menyuburkan kandungan, sehingga bagus untuk disantap saat ingin melakukan program hamil:

 


Telur


Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga diperkaya oleh asam amino, mineral, serta vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan dan menjaga perkembangan janin.


Vitamin B12 yang terdapat pada telur, dapat mengurangi risiko anak lahir tidak sempurna. Kemudian vitamin B6 juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar progesteron, sehingga proses pembuahan dapat lebih cepat.

 


Ikan Salmon


Ikan salmon mengandung omega-3, protein, asam amino, selenium, vitamin A, serta DHA yang berfungsi untuk melancarkan alirah darah  menuju organ reproduksi.


Makanya ikan salmon bagus untuk menyuburkan kandungan, serta turut membantu dalam perkembangan otak dan berat badan calon bayi.

 


Hati Sapi


Hati sapi banyak mengandung koenzim Q110, vitamin A, vitamin B12, serta asam folat yang diperlukan saat program hamil. Selain itu, hati sapi juga bagus untuk meningkatkan kualitas indung telur pada wanita.


Namun tetaplah konsumsi hati sapi dengan bijak dan jangan berlebihan.

 


Tiram


Hewan laut satu ini mengandung banyak mineral, seperti zinc, zat besi, kalsium, dan juga kalium yang bermanfaat untuk kesuburan wanita. Selain itu, tiram juga dapat meningkatkan kualitas sperma, serta menjaga stamina bagi pria.


Mengingat manfaatnya yang baik untuk pria maupun wanita, tiram dapat dijadikan menu masakan untuk dinikmati bersama pasangan yang ingin program hamil.

 


Susu dan Produk Olahannya


Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt, mengandung kalsium, vitamin D, protein, karbohidrat, fosfor, asam folat, dan lemak juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Untuk hasil yang lebih maksimal, alangkah baiknya minum susu yang khusus untuk program hamil.

 


Selain 5 jenis protein di atas, tentu sahabat waNita juga dapat mengkombinasikannya dengan ragam protein lainnya. Tak lupa lengkapi dengan nutrisi lain yang dibutuhkan. Selamat mencoba.

1 comment:

  1. Di antara semua itu, aku LBH milih telur dan susu hamil sih. Yg lainnya kurang suka 😅. Tapi dulu pas hamil, pake tambahan vitamin juga, soalnya ga yakin kalo andelin masakan, udah cukup porsinya mba.

    ReplyDelete