Tips Memilih Kelapa untuk Rendang agar Bumbu Rendang Melimpah

Memilih kelapa yang tepat untuk dijadikan santan, akan menghasilkan rendang dengan bumbu yang lebih banyak. Bagaimana cara memilih kelapa yang tepat untuk rendang? Serta berapa banyak kelapa yang digunakan untuk memasak 1 kilo rendang? Mari simak ulasannya…

Kelapa untuk rendang
Cara memilih kelapa yang bagus untuk rendang

sahabat waNita,


Bumbu rendang yang banyak, akan membuat rendang terlihat makin menggiurkan. Selain itu, bumbu rendang yang melimpah juga dapat dinikmati dengan menu lainnya, apabila daging rendang sudah habis terlebih dahulu.


Rendang yang memiliki bumbu melimpah, memang dihasilkan dari perasan santan dengan kualitas kelapa terbaik. Jadi selain memilih daging sapi yang tepat untuk dijadikan rendang – seperti yang terangkum dalam artikel Tips Memilih Daging Sapi untuk Rendang, memilih kelapa untuk dijadikan santan pun juga harus yang berkualitas baik.

 


Jenis Kelapa yang Digunakan untuk Memasak Rendang


Kelapa yang digunakan untuk memasak rendang merupakan kelapa tua. Bisa juga digunakan kelapa merawai atau kelapa yang sudah tua, namun belum tua sekali. Kelapa merawai maupun kelapa tua akan menghasilkan minyak yang lebih banyak. Kemudian setelah kering, bumbu rendang yang dihasilkan pun akan menjadi lebih berlimpah.


Bila sahabat waNita membeli di pasar tradisional, umumnya penjual kelapa sudah paham akan kelapa yang digunakan untuk rendang. Nanti akan diambilkan kelapa tua yang kulitnya tidak perlu dikupas.


Namun alangkah baiknya bila sahabat waNita dapat mengetahui, cara memilih kelapa tua yang tepat. Bila dilihat dari tampilannya, kelapa tua memiliki kulit yang berwarna cokelat pekat. Beda dengan kelapa muda yang kulitnya cokelat pucat cenderung putih.


Kemudian kelapa tua juga memiliki serabut yang sudah jarang. Sementara kelapa muda memiliki serabut yang lebih banyak.


Ketika dipegang, kelapa tua memiliki tekstur yang kuat, berbeda dengan kelapa muda yang terasa lebih lembek.


Terakhir cobalah diketuk atau dipukul pelan. Kelapa tua akan memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan kelapa muda.

 


Berapa Banyak Kelapa yang Digunakan untuk Memasak 1 Kilo Rendang?


Semakin banyak kelapa yang digunakan, akan menghasilkan bumbu rendang yang lebih banyak pula. Namun idealnya, dalam 1 kilo daging, sahabat waNita dapat menggunakan 3 butir kelapa parut.


Apabila rendang memiliki campuran kentang bulat maupun lainnya, dapat gunakan 4 butir kelapa, agar bumbu rendang terlihat pas.


Kelapa yang tumbuh subur di alam Sumatera Barat, memang menghasilkan santan yang lebih pekat dan berminyak. Bila rendang dimasak menggunakan kelapa dari luar Sumatera Barat, alangkah baiknya gunakan kelapa yang lebih banyak. Agar kualitas santan yang dihasilkan pun kurang lebih sama. Untuk perbandingan 1 kilo daging : 3 butir kelapa sudah cukup ideal.


Kelapa dapat diparut tanpa harus dikerik kulitnya. Kemudian diperas dengan air sebanyak 1,5 – 1,8 liter santan.


Apabila sahabat waNita kurang pandai dalam memeras santan, dapat gunakan blender untuk menghasilkan santan yang lebih kental.

 


Selanjutnya santan tinggal dimasak bersama cabai giling serta daun-daunan hingga berminyak. Cara memasak lengkapnya dapat sahabat waNita lihat pada artikel Resep Rendang Hitam Padang. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment