Ingin Program Hamil, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Setiap pasangan memiliki rencana terbaik akan kehadiran buah hati. Bagi yang berencana untuk tidak menunda kehadiran anak setelah menikah, ada baiknya mempersiapkan 5 hal berikut ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan saat ingin menjalankan program hamil, mari simak ulasannya.

Program hamil
Apa saja yang perlu dipersiapkan saat ingin program hamil?


sahabat waNita,


Memiliki buah hati merupakan salah satu impian dalam pernikahan. Entah ingin disegerakan, ditunda hingga waktu yang tepat, begitupun dengan keputusan untuk tidak berkeinginan memiliki buah hati.


Bagi pasangan yang berencana ingin segera memiliki momongan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Selain ikhtiar agar dipermudah hamil, juga agar mental jadi makin siap, saat tiba-tiba dinyatakan hamil.


Berikut Ini 5 hal baik yang bisa sahabat waNita lakukan, saat ingin menjalankan program hamil. Namun yang perlu diingat, ini hanyalah ikhtiar yang dapat dilakukan oleh manusia. Hasilnya tentu dikembalikan lagi pada rencana terindah Tuhan.

 


5 Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Ingin Program Hamil

 

Berdoa


Segala kegiatan yang dilakukan, tentu diawali dengan berdoa. Begitupun dengan ikhtiar program kehamilan ini. Selain meminta agar Tuhan menyegerakan, tak lupa minta pula pada Tuhan agar disabarkan akan segala prosesnya. Minta pula agar hati selalu dikuatkan, bila ternyata belum membuahkan hasil.   

 


Periksa Indeks Masa Tubuh (IMT)


Memiliki berat badan yang berlebih maupun kurang, peluang hamil pun dapat berkurang. Selain itu berat badan yang tidak ideal, juga dapat meningkatkan risiko komplikasi selama masa kehamilan – seperti prematur dan berat badan bayi yang rendah.


Ketika ingin menjalankan program hamil, sahabat waNita dapat mengecek terlebih dahulu Indeks Masa Tubuh (IMT). Ulasannya bisa disimak dalam artikel berikut ini -) Cara Menghitung Indeks Masa Tubuh

 


Jaga Pola Makan Minum Sehat


Setelah mengetahui hasil IMT, sahabat waNita bisa langsung memulai melakukan defisit kalori, bagi yang memiliki berat badan berlebih. Lantas bagaimana bila berat badannya kurang? Tetap penuhi kebutuhan asupan gizi seimbang, namun dengan porsi yang lebih banyak.


Konsumsi makanan dan minuman yang bertabur protein, zat besi, asam folat, serta kalsium.


Kemudian hindari vitamin A, D, E, K (vitamin larut lemak) dalam dosis tinggi. Bisa dikonsultasikan kembali pada dokter maupun petugas apotek.


Hindari pula makanan dan minuman yang memiliki kadar gula dan garam tinggi. Serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, begitupun dengan alkohol.


Bagi yang memiliki kebiasaan merokok, juga harus dihentikan.

 


Olahraga Secara Rutin


Selain membantu menjaga berat badan yang ideal, olahraga juga dapat membentuk tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan selama masa kehamilan dan persalinan.


Melakukan olahraga cukup selama 30 menit untuk program kehamilan.



Periksa Kesehatan Gigi dan Mulut


Memeriksa kesehatan gigi dan mulut juga tak kalah pentingnya saat ingin menjalankan program hamil. Karena perubahan hormon saat hamil, dapat meningkatkan risiko penyakit gigi dan mulut. Serta juga dapat memengaruhi kesehatan janin.



Pada kondisi tertentu, mungkin diperlukan program hamil secara professional di rumah sakit atau klinik. Namun bila dirasa belum perlu, sahabat waNita dapat menjalankan pola hidup sehat terlebih dahulu saja. Semoga mendapat hasil yang terbaik. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment