Tips Memilih Daging untuk Rendang yang Empuk dan Tidak Mudah Hancur

Daging sapi bagian apa yang paling bagus untuk memasak rendang? Agar daging rendang empuk, namun tidak hancur walau dimasak sekian jam. Serta bagaimana cara memotong daging rendang yang tepat? Berikut ini ulasannya.

Daging rendang
Cara memilih daging untuk rendang agar empuk dan tidak mudah hancur


sahabat waNita,


Memasak rendang tidak hanya terfokus pada takaran bumbu dan proses pembuatannya saja, namun memilih bagian daging pun juga turut menentukan hasil rendang yang tepat – daging rendang yang empuk namun tidak hancur.


Memasak rendang memerlukan waktu lebih dari 4 jam lamanya, hingga bumbu menjadi kering dan berwarna hitam. Proses memasak yang diaduk terus menerus – terutama saat kuah santan makin menyusut, membuat daging jadi hancur bila tidak tepat saat memilihnya.

 


Bagian Daging Sapi yang Bagus untuk Rendang


Daging yang digunakan untuk rendang merupakan potongan daging padat tanpa lemak. Umumnya yang digunakan adalah daging sapi bagian paha, yang cenderung padat dan tidak mudah empuk.


Hindari daging tenderloin yang merupakan bagian tengah daging sapi – sekitar bahu, tulang belakang, hingga tulang panggul. Karena daging pada bagian ini akan lebih cepat empuk. Nantinya akan hancur bisa dimasak lebih dari 4 jam lamanya.


Hindari pula daging sirloin, karena daging bagian ini dilapisi lemak. Daging sapi yang berlemak akan memengaruhi tampilan bumbu rendang.


Begitupun dengan lemak daging sapi, sebaiknya tidak dimasukkan. Umumnya lemak daging sapi digunakan untuk memasak gulai gajeboh atau gulai cincang.


Ketika berbelanja di pasar tradisional, biasanya penjual akan menanyakan ingin dimasak apa? Untuk menentukan jenis daging yang akan diberikan. Lalu di supermarket, biasanya sudah diberi label khusus “daging rendang”.


Namun dengan memahami info di atas, tentu akan lebih memudahkan sahabat waNita dalam berbelanja.

 


Cara Memotong Daging Sapi untuk Rendang


Daging sapi yang tepat, namun cara memotongnya salah, juga dapat membuat daging rendang jadi kurang empuk, atau mungkin hancur. Cara termudah tentu minta dipotongkan saja oleh penjualnya. Namun mungkin adakalanya sahabat waNita harus melakukannya sendiri di rumah.


Umumnya dalam 1 kilogram daging sapi, dapat dipotong menjadi 20 – 22 bagian. Jangan potong daging terlalu tipis, karena akan mudah hancur. Begitupun jangan pula dipotong terlalu tebal, karena dapat menyebabkan daging jadi kurang empuk.


Potong daging agak menyerong, untuk membantu kematangan daging rendang yang tepat.

 


Tak lupa untuk selalu memilih daging sapi yang segar. Cara memasak rendang bisa dijumpai di Resep Rendang Hitam Padang. Selamat mencoba.

 

No comments:

Post a Comment