Tips Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Merawat wajah bertujuan agar kulit selalu sehat dan segar. Namun untuk hasil yang maksimal dan terhindar dari iritasi, perawatan wajah pun juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Berikut ini tips perawatan wajah berdasarkan jenis kulit, baik secara alami maupun dengan produk perawatan kulit.

Cara merawat wajah
Cara merawat wajah berdasarkan jenis kulit


sahabat waNita,


Memiliki kulit wajah yang sehat dan segar bercahaya, merupakan impian banyak orang. Terlebih paparan sinar matahari, polusi, dan stres yang semakin tinggi, membuat kulit wajah pun jadi mudah kusam, serta timbul masalah kulit lainnya.


Masing-masing jenis kulit wajah, memiliki cara perawatan yang berbeda. Bila salah merawatnya, dapat menyebabkan timbulnya jerawat, kulit menjadi sangat kering, hingga muncul masalah kulit lainnya. Jadi sebelum melakukan perawatan, kenali dulu ciri-ciri kulit wajah, seperti yang terangkum dalam artikel Mengenal 5 Jenis Kulit Wajah


Perawatan kulit wajah dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara alami maupun menggunakan produk perawatan kulit. Alangkah baiknya untuk melakukan keduanya, agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut ini tips merawat wajah berdasarkan masing-masing jenis kulit.

 


Cara Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

 

Kulit Normal


Kulit wajah yang normal memang lebih mudah merawatnya. Namun bila tidak dilakukan perawatan secara rutin, lama kelamaan tentu akan bermasalah juga.


Saat mencuci muka, gunakan sabun muka yang berbahan lembut. Kemudian hindari menggosok muka yang terlalu kuat. Setelah itu bilas dengan air hangat. Terakhir keringkan muka dengan handuk yang lembut.


Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang dikhususkan untuk kulit normal.

 


Kulit Kering


Kulit wajah yang kering membutuhkan perawatan yang dapat melembapkan kulit. Sehingga kulit pun jadi tampak cerah berkilau.


Ketika mencuci muka, gunakan sabun muka yang mengandung bahan yang dapat melembapkan kulit, seperti emolien. Hindari sabun muka yang mengandung alkohol maupun pewangi. Selanjutnya gunakan pelembab agar kulit tidak kering.


Hindari mandi atau mengguyur muka yang terlalu lama. Serta hindari pula mencuci muka dengan air hangat.


Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang khusus untuk kulit kering, atau untuk melembapkan kulit.

 


Kulit Berminyak


Perawatan kulit wajah yang berminyak bertujuan untuk mengurangi kadar minyak, yang dapat menyebabkan wajah nampak kusam.


Cara merawatnya dimulai dari rutin mencuci muka 2 kali sehari. Gunakan sabun muka yang mengandung bahan gliserin.


Selesai mencuci muka, lanjut gunakan astringent atau toner yang mengandung benzoll peroksida, asam salisilat, dan asam glikolat.


Saat menggunakan kosmetik, pilihkan yang memiliki kandungan air serta noncomedogenic – yang tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.


Gunakan kertas minyak atau masker wajah yang khusus untuk kulit berminyak, untuk menyerap minyak yang berlebih.


Lengkapi pula perawatan dengan masker alami berbahan madu, lidah buaya, tomat, dan jojoba.


Perawatan lainnya dilakukan dengan pola hidup sehat, seperti mengurangi makanan berminyak, makanan siap saji, serta makanan yang berkadar gula tinggi.


Gunakan produk perawatan wajah dan kosmetik khusus untuk kulit berminyak, atau yang mengurangi kadar minyak pada wajah.

 


Kulit Kombinasi


Memiliki tipe kulit wajah yang kombinasi, sedikit lebih sulit perawatannya. Mengingat wajah memiliki kulit kering sekaligus berminyak. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan perawatan yang maksimal.


Rutinlah mencuci muka 2 kali sehari. Kemudian gunakan pembersih dan pelembab kulit yang khusus untuk kulit kombinasi. Produk perawatan ini akan mengurangi kadar minyak pada area T, kemudian akan melembabkan area pipi. Hindari pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Karena bahan tersebut dapat menyebabkan kulit kering.


Bila ternyata kurang maksimal, sahabat waNita juga dapat menggunakan 2 jenis produk perawatan kulit. Pada area T, gunakan produk perawatan kulit khusus untuk kulit berminyak. Kemudian pada area pipi, gunakan yang khusus untuk kulit kering.

 


Kulit Sensitif


Merawat kulit sensitif juga cukup sulit, karena bila salah perawatan, akan lebih mudah terkena iritasi serta masalah kulit lainnya.


Saat mencuci muka, gunakan sabun muka yang berbahan lembut. Kemudian bilas dengan air hangat. Jangan gosok muka terlalu kuat.


Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, asam, dan pewangi - karena dapat menyebabkan kulit iritasi.


Serta gunakan produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, serta gandum.

 


Perawatan Kulit Wajah Lainnya


Melakukan perawatan kulit wajah dengan produk yang sebagus atau semahal apapun, bila tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, akan sulit mendapat hasil yang maksimal. Jadi imbangi pula dengan beberapa kebiasaan baik di bawah ini.

 


Lakukan Pola Hidup Sehat


Jaga asupan makan dan minum dengan yang bernutrisi, terutama nutrisi untuk kulit. Minum air putih yang cukup. Serta batasi minum minuman yang beralkohol, dan berhentilah merokok.

 


Bersihkan Wajah


Sebelum tidur, pastikan telah membersihkan muka dari sisa make up maupun debu yang menempel.

 


Gunakan Tabir Surya


Pada semua jenis kulit, jangan lupa untuk selalu gunakan tabir surya, terutama saat ke luar rumah. Mengingat saat ini bahaya dari paparan sinar ultraviolet cukup tinggi.

 


Memiliki kulit wajah yang sehat dan segar, tidak hanya tentang menambah rasa percaya diri saja. Namun juga untuk investasi kesehatan kulit di kemudian hari. Jadi pastikan sahabat waNita selalu merawatnya. Selamat mencoba.

2 comments:

  1. Kulitku lagi kumat nih sensi nya.. pusiiing deh. Mana bntar lagi mau traveling 🤣. Memang kalo punya kulit super duper sensitif sebaiknya jangan ganti2 produk kalo udh cocok. Aku aja kecentilan coba retinol brand lokal, yg ternyata breakout di wajah 😂. Makanya lagj proses utk balikin ke skin barrier semula mba. Pake yg basic aja dulu, sampe kulit jadi soothing lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit saya pun masuknya ke yg sensitif, makanya agak susah juga untuk gonta ganti skincare maupun kosmetik :D

      Delete